JOURNEY OF LIFE

Search This Blog

Update

Saturday, March 17, 2018

Cara Menambahkan Material ke SketchUp

Pada postingan sebelumnya saya sudah menyinggung sedikit bagaimana cara membuat modelling rumah sederhana menggunakan sketchup secara dasar, dan semoga itu cukup membantu.
Selesai membuat membuat desain rumahnya tentunya kita akan menambahkan material ataupun komponen pada desain rumah tersebut supaya lebih realistis. Pada pemberian material kita di haruskan lebih kreativ supaya desain rumah yang kita buat tampak lebih realistis. Pada software sketchup sudah di sediakan berbagai material dan kita tinggal mengaplikasikan pada model kita. Jika di rasa ada material yang tidak ada di kita bisa menggunakan material yang kita sediakan sendiri.
Berikut cara untuk menambahkan material pada desain sketchup

gambar 1.0

Gambar 1.0 adalah desain rumah yang telah di buat pada postingan sebelumnya dan saya tambahkan sedikit pelengkap seperti pohon dan jalan.

gambar 1.1

Gambar 1.1 adalah list material yang di sediakan oleh sketchup, untuk menampilkan list material tersebut tekan “B” pada keyboard. Untuk menambahkan material pada desain sebagai berikut.


gambar1.2
Jika kita ingin menambahkan material seperti keramik ataupun karpet tentunya hanya akan menambahkan bagian atasnya saja dan tidak di bagian samping kecuali jika kita membuat model keramik atau karpet sendiri bisa di tambahkan material secara keseluruhan pada model tersebut. Pada model di atas hanya sisi atas saja yang ingin di tambahkan material keramik caranya:
  • Klik 2 kali model tersebut maka kita akan masuk ke group model tersebut 
  • Pilih material yang kita inginkan, maka kursor akan berubah manjadi cat di ember tumpah. 
  • Klik sisi atas pada model tersebut.
gambar 1.3
Jika kita rasa material yang kita berikan terlalu besar bisa di kecilkan sebagai barikut:
  • Beralihlah ke tab edit di kotak dialog material. 
  • Kecilkan dengan mengubah angka pada kotak dialog material.

Selain bisa mengubah ukuran kita juga bisa mengubah warna dan tingkat transparant pada model yang kita buat . Selain bisa mengubah ukuran kita juga bisa mengubah warna dan tingkat transparant pada model yang kita buat.


gambar 1.4
Gambar di atas model rumah yang sudah saya tambahkan material secara keseluruhan. Untuk membuatnya menjadi lebih realistis kita bisa render menggunakan v-ray dengan hasil seperti gambar di bawah.

gambar 1.5

Untuk setting v-ray bisa cari bi internet banyak kok. Dan ini yang sudah di edit di photoshop, walaupun masih kasar sih.


gambar 1.6

Sekian dari saya semoga bermanfaat, terima kasih sudah mampir dan sampai jumpa.

No comments:

Post a Comment