JOURNEY OF LIFE

Search This Blog

Update

Sunday, December 24, 2017

Sketchup, fleksibel dan mudah di gunakan



Sudah banyak orang yang tau “apa itu Sketchup.?” Dan mungkin teman-teman sudah lama menggunakan software ini bahkan sudah jago menggunakannya. Sketchup merupakan software 3D yang di kembangkan oleh Trimble Navigation. Sketchup di luncurkan ke pasaran pada tahun 2000 oleh @Last Software, selang 6 tahun kemudian Google melirik software ini dan secara resmi mengambil alih kemudian mengembangkannya, pada tahun 2012 lalu google mejual Sketchup ke perusahaan Trimble Navigation dengan alasan Google ingin merampingkan bisnis yang dianggap tidak perlu.

Yang menarik dari software ini yaitu gratis kita bisa mendownload Sketchup Make secara gratis. Bagi teman-teman yang tidak suka gratisan Sketchup juga ada yang berbayar yaitu Sketchup Pro dengan harga USD 590,00, tentunya Sketchup Pro mempunyai keunggulan yaitu semua menu bisa di gunakan dan import jadi lebih banyak di banding Sketchup Make (free).

Sketchup merupakan Software yang mudah di gunakan, kita bisa mempelajari software ini dengan mudah baik di ajari guru ataupun secara otodidak. Dalam waktu seminggu sampai dua minggu saja kalian sudah bisa menggunakan software ini bahkan bisa membuat model rumah dengan mudah. Selain mudah di gunakan Sketchup juga fleksibel dengan software lain seperti AutoCAD, 3Ds Max, V-Ray dll. Kita juga bisa import atau export file dari Sketchup ke AutoCAD ataupun sebaliknya. Jika teman-teman ingin hasil yang realistis maka hasilnya dapat di render menggunakan V-Ray.

Saat kita membuat desain interior ataupun exterior rumah maupun kantor tentunya akan di isi dengan furniture-furniturenya, selain kita bisa membuat furniture sendiri kita juga bisa download di 3D Warehouse. 3D Warehouse adalah website yang menyediakan model 3D untuk pengguna Sketchup yang dapat di download secara gratis. Selain kita bisa download kita juga bisa mengunggah model 3D kita untuk di bagikan secara gratis. 3D Warehouse ini bagi saya sangat berguna untuk keperluan desain interior maupun exterior, kita tidak perlu membuat tinggal download model yang kita inginkan.

Menarikkan, selain mudah dan fleksibel pastinya gratis. Terima kasih sudah mampir, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

“tetap belajar selagi bernafas”

2 comments: